Lebih Dekat dengan ARD: "Edukasi dalam Cosplay"






copyrightⒸ Angel Rose Design


Sekitar dua pekan lalu tim KLJ berjumpa dengan desainer kreatif dibalik brand yang sudah mulai dikenal oleh masyarakat, Angel Rose Design di kawasan pusat perbelanjaan modern Kuningan, Jakarta Selatan. Di sela-sela jam sibuknya sembari mengurus 'perintilan' menyambut toko offline nya, Maria Angel Sheryne atau akrab disapa Angel sesempat mungkin memberi jeda untuk bertemu kami, admin Hinato & Sou guna merapatkan bentuk kerjasama apakah yang bisa dijalin antara KLJ dan Angel Rose Design.

Obrolan kami dibawa dengan santai laiknya teman akrab yang sudah lama mengenal, selagi menghangatkan badan dengan kopi dari cuaca Jakarta yang lagi asik-asiknya bikin kita betah dibalik selimut, namun kerja harus tetap jalan :D *admin mulai ngelantur.

Angel, sosok kreatif dibalik brand yang besar didirikan olehnya sejak 2011 dengan ramah menjawab wawancara ringan sembari sesekali melirik layar handphone, yang kemungkinan banyaknya panggilan dari klien atau mengetahui seberapa besar progress butik. Ternyata segala detil kecil progress menuju grand opening Butik Angel Rose Design (akan kami singkat menjadi ARD) semuanya dipegang oleh sang desainer sendiri. 
"Tidak ada asisten?" Kami bertanya.
"Tidak ada. Semuanya saya handle sendiri." jawab Angel singkat.

Kami terkesima dengan jawabannya. Mengingat tim KLJ yang terdiri dari 4 kepala saja terkadang suka tidak ketemu titik cerah jika sedang berdiskusi :).

copyrightⒸ Maria Angelica Sheryne

Jadi seperti apakah wawancara ringan antara KLJ & ARD? Simak dibawah ini ya.

Hai Angel! Apa kabarnya nih sekarang :) ?
Hai KLJ, baik dong walaupun makin sibuk dengan deadline dan persiapan.

Tim KLJ sudah melihat progress butik Angel Rose Design (ARD) via Instagram Story kamu belakangan ini. Untuk sekarang gimana persiapan kamu menjelang Grand Opening di tanggal 18 Maret besok?
Tempat sudah siap, persiapan untuk photoshoot juga sudah, tadi baru saja aku ketemu sama 2 fotografer yang akan kerjasama dengan ARD, beberapa dekor juga sedang disiapkan, dan yang pasti beberapa barang ready stock, Karena stockist bajunya sudah menipis.

Ada kendala tertentukah selama progress?         
Kendala sementara seperti pembagian waktu, so far semua berjalan dengan lancar.

copyrightⒸ Angel Rose Design

Apa saja yang akan ditawarkan di butik ARD?
Karena konsepnya Cosplay Boutique, yang ditawarkan adalah berbagai perlengkapan cosplay seperti wig, kostum, sepatu, aksesoris dan lain-lain. Tidak terbatas perlengkapan cosplay saja, rencana kedepannya akan menambah koleksi Harajuku Style juga, terutama Lolita.

Nah ngomongin Butik ARD, kita mau tanya-tanya sejarah dibalik ARD nih. Sejak kapan ARD didirikan dan apakah ada background fashion dari Angel, selaku Head Designer?
Aku memulai ARD dari tahun 2011 tepatnya bulan Agustus, kalo ngomongin sejarah sih cukup panjang, jadi dari kecil itu aku suka gambar dengan style manga, beranjak ke SMA aku jadi lebih suka men-desain fashion. Nah, semenjak itu aku mulai mencoba memberanikan diri untuk cosplay di tahun 2008. Padahal sudah beberapa kali mampir ke event-event budaya Jepang semenjak 2006. Saat mulai cosplay, bikin kostumnya di penjahit langganan, itu pun enggak bisa bikin yang desainnya terlalu rumit. Dari cosplay itu lama-kelamaan aku kenal banyak teman dan aku mulai berpikir, bikin kostum itu enggak murah dan juga aku orangnya detail. Penjahit langganan suka susah nangkep detail yang dimaksud. Lalu kenapa enggak bikin sendiri aja? Dari situlah muncul berbagai ide, termasuk mendirikan ARD ini. Oh iya, aku mendapat pendidikan fashion karena sekolah Fashion Design di ESMOD Jakarta dan Abineri Ang.

Wah, seru juga ya kisahnya. Lalu bagaimana kesan dan pesan orang tua Angel selama ini apakah mendukung karir Angel sebagai fashion designer khususnya designer dengan style Jepang?
Beruntungnya, orang tuaku sangat-sangat mendukung apapun yang aku kerjakan selama itu positif dan menghasilkan. Mereka mendukung dari segi apapun, apalagi menjadi fashion designer. Mereka mendidik agar tidak manja dan lebih menghargai uang, Karena aku memulai bisnis ini sewaktu masih SMA, waktu itu niatnya untuk tambah-tambah uang jajan saja. Siapa yang tahu ternyata bisnisku bisa berkembang dengan baik hingga sekarang. Mereka juga tidak bosan memberikan tips untuk perkembangan bisnis, finansial, ide-ide unik dan sebagainya.

Wah! Menyenangkan ya! Nah, apakah Angel sekarang hanya mengkhususkan diri menjadi designer khusus style Jepang?

Tadinya iya, tapi sekarang aku punya lini lain untuk couture gown & bridal, namanya Maria Angelic Atelier.

copyrightⒸ Pinky Luxun/Angel Rose Design

"para customer harus sedikit di edukasi, mengapa kostumnya mahal." ARD

Mengapa tertarik menjadi designer khusus cosplay atau fashion Jepang lainnya seperti Lolita?
Karena suka dengan fashion jepang, mereka punya style yang unik dan berani. Juga mix and match yang enak dilihat. Aku juga bisa mengeksplor lebih dalam untuk desainnya, misalnya detail, bahan, bentuk, warna dan lain-lain.

Kita bicara tentang customer nih. Sering dapat keluhan nggak sih, misalnya “kok mahal banget harganya” dari calon customer? Menurut Angel kenapa style khusus seperti cosplay atau fashion Lolita bisa tergolong “beda” dari segi harga? Faktor apa yang membedakan fashion/cosplay dengan lini busana lain, misalnya ready-to-wear?
Sering banget, Karena bisa dibilang, harga yang ditawarkan di ARD cukup mahal dibandingkan toko/tempat jahit lainnya. Jadi para customer harus sedikit di edukasi, mengapa kostumnya mahal. Faktor pembedanya adalah kostum untuk cosplay dan Lolita itu biasanya detailnya rumit, dan menggunakan bahan yang terkadang unik atau harus di print, agar menyerupai contoh aslinya. Pengerjaannya juga jauh lebih lama dibanding baju-baju ready to wear.

Menurut Angel, bagaimana industri cosplay/fashion sub-culture Jepang di Indonesia belakangan ini? Apakah sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya atau malah semakin pudar?
Semakin baik dari tahun ke tahun. Mungkin Karena pengaruh dan mudahnya akses internet & media sosial, jadi masyarakat sudah lebih familiar dengan cosplay dan Harajuku style.

Dilihat dari segi popularitas, sepertinya bisnis cosplay makers/Lolita fashion masih belum terlalu banyak ya di Indonesia. Tapi misalnya nanti muncul beberapa brand dengan bisnis serupa dengan Angel dan ARD,  bagaimana menyikapinya?
Dibawa santai dan bersaing secara sehat tapi juga harus mempersiapkan cara dan ide kreatif lain supaya enggak kalah bersaing. Dan yang pasti mempertahankan standar yang sudah ada dan terus menaikkan kualitas.

Dan jika iya muncul banyak kompetitor, apa yang membedakan ARD dengan brand lain?

Jahitan yang rapi, kualitas bahan yang bagus, fast response dan after service.

copyrightⒸ Angel Rose Design

copyrightⒸ Angel Rose Design


Angel sendiri bagaimana cara memasarkan ARD kepada publik? Bagaimana cara mempromosikannya?
Selain ikut bazaar, aku pernah memasang iklan di majalah, iklan Facebook (Ad-Sense), iklan Instagram, endorse public figure. Dan selama ini yang paling efektif adalah endorse dan iklan Instagram. Promosi bisa juga dengan cara event diskon dan giveaway.

Oiya, kira-kira masih ingat nggak, first client ARD order kostum apa :D?
Ingat, customer pertama untuk custom order memesan kostum seifuku Enma Ai.

Setiap Designer pasti memiliki ‘Muse’. Siapakah muse Angel?
Kyary Pamyu Pamyu!

Sebagai perancang busana, pasti ada keinginan dong pengin banget nih bikinin baju untuk seseorang atau public figure. Mau bikinin baju buat siapa sih kalau dikasih kesempatan emas itu? Boleh Public figure nasional & internasional lhoo jawabnya ;D
Buatku jelas Kyaryyyyy~ *excited menjawabnya ;D* Kalau public figure dalam negeri yang kurasa cocok dengan desainku adalah Aelke Mariska.

copyrightⒸ Angel Rose Design


Satu pertanyaan serius-terakhir. Suatu hari nanti Angel akan menjadi salah satu pionir dalam brand ARD. Adakah tips-tips dari Angel untuk teman-teman yang mungkin ingin mengikuti jejak Angel?
Konsisten, jujur, sabar, tekun dan jangan gampang menyerah! Berbagai masalah akan datang terus tanpa kita tahu. Harus sigap dalam menyikapi masalah. Stres dan kendala pasti ada tapi semua bisa dilewati dengan doa dan usaha. Dan yang pasti tetap rendah hati.

Nah, balik lagi nih bicara tentang butik ARD. Apakah akan ada promo tertentu dari ARD di hari pembukaan nanti? Kalau iya bisa dong kasih promosinya nih disini hehehe.
Pastinya! Akan ada diskon 10% untuk yang sudah follow Instagram @angelrosedesign dan @jktlolitacommunity. Jadi jangan lupa di-follow yaa teman-teman!

Oke Angel! Terima kasih atas waktunya menyempatkan ngobrol-ngobrol seru seputar Grand Launching Angel Rose Design. Semoga sukses selalu, ya!
Iya! Terima kasih juga untuk KLJ dan sampai bertemu saat Grand Opening Angel Rose Cosplay Boutique!

Karena cosplay bukan sekadar bermain kostum. Begitupun juga dengan Lolita fashion. Ada rumus 'matematika & fisika' yang digunakan sang desainer dalam mengolah pola, kain, serta presisi waktu. Pentingnya edukasi dan sosialisasi kepada khalayak juga sangat dibutuhkan supaya gap yang terjadi kini semakin terkikis. Kunci lain adalah passion serta minat yang kuat dari individu itu sendiri yang akan memenangkan peluang besar, dalam hal ini di industri cosplay maker


(KLJ-HIN/SOU)

0 comments:

Post a Comment

 

instagram @jktlolitacommunity #komunitaslolitajakarta #klj #jktlolitacommunity