Choose The Shoe





Baju? Oke.
Aksesoris pita? Oke.
Tas love? Oke.
Sarung tangan? Oke.
Buket bunga? Oke.
Sepatu? Humm.... okee sih....

Duhhh... mau tampil Lolita tapi kok sepatunya menyiksa ya? ketinggian nih....
Pernah gak kalian merasa seperti itu? Kalau ya, berarti kalian peduli dengan kesehatan. Istilah Beauty is Painful terkadang ada benarnya. Mau cantik tapi kok menyakitkan. 
Padahal, keinginan itu bisa diakali lho. Baca tips berikut ini ya.

Tips untuk kalian yang ingin memakai sepatu Lolita pada kesempatan seperti Cosplay, Japan event, Gathering, dan lain-lain, jika kalian bukan tipe pemakai sepatu tinggi sehari-seharinya, ada baiknya hindari sepatu dengan hak lebih dari 5 cm.

Kenapa? Berikut penjelasan dari segi medis.

1. Selain akan membuat jalanmu jadi kaku (tubuh cenderung condong ke depan/doyong), sepatu dengan hak > 5 cm tidak bagus dipakai lebih dari 2 jam. Karena peredaran darah akan tersumbat, hasilnya betis kaki akan membengkak, jari-jari mati rasa, bisa mengakibatkan varises.
2. Jika terlanjur harus memakai sepatu dengan hak > 5 cm pada occasion tertentu, usahakan setiap 15-25 menit lepas sepatu dan datarkan telapak kaki pada tanah. Itu adalah pertolongan pertama pada peredaran darah yang mulai membuat pegal-pegal.
3. Hindari sepatu dengan hak berujung runcing (stilleto), karena tumpuan badanmu berada pada ankle. Jadi kalau memakai hak runcing, ditambah tingginya 7-12 cm, jangka pemakaian hanya diperbolehkan sebentar dan semakin beresiko fatal pada kesehatan.
Lalu, bagaimana dengan sepatu model wedges?

Sepatu model wedges sebenarnya lebih baik disarankan, apabila bagi kalian yang terlanjur menyukai sepatu hak tinggi. Karena permukaannya yang datar, memudahkan telapak kaki untuk lebih bisa berpijak merata dari ujung jari hingga tumit.

Namun hati-hati juga, walau hak sepatunya model wedges, tapi tingginya terkadang menipu. Coba kamu ukur tinggi pada tumit, disejajarkan dengan telapak pada jari-jari kaki depan. Jika tingginya > 5-7cm, tandanya kamu tidak bisa lama-lama dengan sepatu itu. Sekalipun nyaman, kaki tetap butuh permukaan datar untuk istirahat, walau sejenak.

Nah, sekarang udah mengerti kan, kenapa nggak bisa lama-lama pakai sepatu tinggi? 
Semoga tips sederhana ini bisa membantu kalian yaaa Lolita Lovers^^


HIN

0 comments:

Post a Comment

 

instagram @jktlolitacommunity #komunitaslolitajakarta #klj #jktlolitacommunity